Mengenal Matematika Melalui Artefak Karya Sastra dan Tradisi

    Matematika dalam suatu budaya seperti kebiasaan-kebiasaan perilaku manusia dalam lingkungannya, kelompok perkotaan atau perdesaan. Mempelajari Etnomatematika adalah mengenal matematika dengan membahas tentang artefak, karya sastra maupun tradisi dari nenek moyang yang memberikan kita gambaran matematika. Mata kuliah Etnomatematika akan mempelajari dengan cara mengidentifikasi hakikat dari etnomatematika, lalu mereview dari beberapa sumber atau pendapat tokoh, lalu membangun pemahaman dari apa yang telah diperoleh dengan membuat kesimpulan sendiri tentang etnomatematika itu seperti apa. Setelah melakukan kegiatan mengidentifikan, mereview, serta membangun pemahaman, kita harus merefleksikan atau mengungkapan kembali apa yang telah diperoleh dari perkuliahan mata kuliah etnomatematika berupa perangkat pembelajaran seperti Rancangan Pelaksanaan Pembelajran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pembelajaran matematika berbasis etnomatematika

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ideologi dalam Pendidikan Matematika

Pembelajaran Sekarang Harus Inovatif

Pembelajaran Inovatif dalam Transfer Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Karakter bagi Siswa (Refleksi Perkulihan Minggu Kesembilan Kuliah Filsafat Pendidikan Matematika)